Sabtu, 16 Maret 2019

Arti dan makna lambang paskibra

Makna Lambang Paskibraka

Lambang Korps Paskibraka sejak tahun 1973 dengan perisai berwarna hitam dengan garis pinggir dan huruf berwarna kuning: PASUKAN PENGIBAR BENDERA PUSAKA dan TAHUN 20…..(diujung bawah perisai) berisi gambar (dalam bulatan putih) sepasang anggota Paskibraka dilatarbelakangi oleh bendera Merah Putih yang berkibar ditiup angin dan 3 (tiga) garis horison atau awan.
Makna dari bentuk dan gambar tersebut adalah:
  1. Bentuk perisai bermakna “siap bela negara” termasuk bangsa dan tanah air Indonesia, warna hitam bermakna teguh dan percaya diri.
  2. Sepasang anggota Paskibraka bermakna bahwa anggota Paskibraka terdiri dari anggota putra dan anggota putri yang dengan keteguhan hati bertekad untuk mengabdi dan berkarya bagi pembangunan Indonesia.
  3. Bendera merah putih yang sedang berkibar adalah bendera kebangsaan dan utama Indonesia yang harus dijunjung tinggi seluruh bangsa Indonesia termasuk generasi mudanya, termasuk Paskibraka.
  4. Garis horison atau 3 (tiga) garis menunjukan bahwa Paskibraka terdapat di 3 (tiga) tingkat, yaitu Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota.
  5. Warna kuning berarti kebanggaan, keteladanan dalam perilaku dan sikap setiap anggota Paskibraka.
Berikut Hak Cipta atas Logo tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar